Manfaat Kuning Telur untuk Kucing

Manfaat Kuning Telur untuk Kucing – Kucing merupakan hewan peliharaan favorit. Dengan memelihara kucing berarti kita memiliki tanggung jawab penuh mulai dari kebersihan bulunya, kebersihan kandang, makanannya hingga kebutuhan lainnya. Meskipun hanya sebagai hewan peliharaan, namun anda juga harus memperlakukannya sebaik mungkin.

Salah satunya adalah kebutuhan nutrisinya. Tidak hanya cukup terlihat kenyang dan banyak makan saja, anda juga harus memperhatikan asupan gizi dari makanannya. Oleh karena itu, anda dapat memberikan gizi serta protein lebih agar lebih sehat dan tidak gampang sakit.

Dan salah satu sumber protein yang bagus untuk kucing adalah kuning telur. Karena kuning telur terdapat berbagai kandungan yang baik untuk si kucing. Seperti vitamin D, vitamin B12 hingga zat besi dan berbagai kansungan lainnya.

Manfaat Kuning Telur untuk Kucing

kucing makan kuning telur
Image : themeowthing.com

Seperti yang kita ketahui, kuning telur kerap direbus dalam keadaam setengah matang. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada kuning telur tersebut banyak sekali manfaatnya bagi manusia. Tidak hanya bagi manusia saja, untuk hewan pun sedemikian memiliki manfaat. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas manfaat kuning telur untuk kucing. Sebagai berikut ini.

1. Memperindah Bulu Kucing

Salah satu faktor dimana kucing banyak disukai adalah karena keindahan bulunya. Oleh karena itu, bagi anda yang memelihara kucing patut memperhatikan kebersihan serta kerapian bulu kucing itu sendiri agar terlihat menawan.

Selain melakukan perawatan luar seperti menyisir dan memandikan kucing, perawatan dari dalam juga diperlukan. Salah satunya adalah memberikan kuning telur. Disarankan memberikan kuning telur 3 kali dalam seminggu.

2. Dapat Meningkatkan Stamina Kucing

Jika menginginkan kucing peliharaan anda selalu dalam keadaan bugar dan sehat, makanan yang bisa anda berikan adalah kuning telur. Berikan kucing kesayangan anda kuning telur secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar si kucing memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta stamina yang bagus.

3. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Kucing

Memberikan kuning telur kepada si kucing dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Agar si kucing tidak rentan terserang virus dan bakteri yang bisa mengancam kesehatannya. Oleh sebab itu, jika anda menginginkan kucing peliharaan tampak terlihat sehat serta aktif, coba berikan kucing telur ya.

4. Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Jika kucing peliharaan anda terlihat malas sekali untuk makan dan tidak ada nafsu, anda bisa memberikan asupan gizi kuning telur. Hal ini diketahui kuning telur juga dapat meningkatkan nafsu makan pada kucing.

Baca Juga : Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

5. Bisa Menambah Berat Badan Si Kucing

Jika kucing memiliki nafsu makan yang baik, maka otomatis berat badan akan semakin bertambah. Hal ini tentunya akan membuat si kucing terlihat lebih menarik serta menggemaskan. Tentunya anda tidak menginginkan kucing peliharaannya tampak kurus serta tidak bersemangat bukan???

6. Bisa Mempercepat Proses Penyembuhan

Manfaat kuning telur lainnya juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada kucing yang sedang sakit ataupun dalam proses penyembuhan. Oleh karena itu, jika anda memiliki kucing sedang keadaan dalam tidak sehat anda bisa memberikan solusinya dengan kuning telur tersebut.

7. Mempercepat Proses Pengemukan

Memang, kuning telur sangat berguna untuk kucing. Selain mempercantik bulunya, kuning telur juga dapat membantu untuk menggemukkan kucing. Namun, perlu diketahui

“jangan anda berfikir bahwa semakin banyak kuning telur yang anda berikan, maka kucing akan semakin cepat gemuk”

Anggapan diatas salah!!! untuk itu sebaiknya berikan secukupnya dan sewajarnya saja.

8. Mencegah Kerontokan Bulu Kucing

Tidak bisa dipungkiri bahwa keindahan kucing adalah terletak pada bulu bulunya. Untuk merawat bulu kucing anda bisa memandikannya secara rutin menggunakan shampo khusus kucing. Untuk perawatannya dari dalam anda bisa memberinya kuning telur seminggu 3 kali.

Baca Juga : Penyebab dan Cara mengatasi Bulu Kucing Rontok

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat kuning telur untuk kucing. Baiknya juga anda mengetahui beberapa hal yang mungkin sebaiknya jangan memberikan telur pada kucing. Karena ada beberapa hal yang tidak harus diberikan, akan sebab yang berbeda seperti berikut ini.

Telur adalah salah satu makanan yang berprotein tinggi, bergizi serta memiliki vitamin yang baik bagi tubuh. Di dalam telur, terutama telur ayam, mengandung karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, kalsium, lemak, vitamin A, B1 dan C. Nilai yang terkandung dalam telur ini tentu sangat baik untuk kucing, terutama jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Memberikan telur pada kucing secara rutin akan membuat ia cepat gemuk. Karena telur memiliki kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr) yang cukup tinggi. Akan tetapi, jangan memberi makan kucing dengan telur semata, hal ini karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa memberikan putih telur terlebih lagi dalam kondisi mentah.

“Lantas, apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?”

Pada dasarnya, kucing merupakan salah satu hewan Karnivora yakni pemakan daging dalam keadaan mentah. Manusia lah yang merubah pola makan si kucing dengan memberi makanan-makanan matang atau makanan instan.

Jadi, bagaimana dengan memberikan putih telur pada kucing?

Pemberian putih telur pada kucing sangat tidak disarankan, hal ini karena putih telur mengandung senyawa Avidin. Satu butir telur saja terkandung sebanyak 1,8 mg senyawa Avidin.

Avidin adalah molekul glikoprotein (kombinasi karbohidrat dan protein), dimana senyawa ini berfungsi untuk melindungi pertumbuhan bakteri pengganggu saluran telur (kuning). Dan seperti yang kita semua tahu bahwa kuning telur merupakan bakal janin.

Kemampuan senyawa ini adalah untuk mengikat biotin atau unsur pembentukan vitamin B. Jadi, jika biotin ini terikat oleh avidin maka tubuh secara tidak pasti akan kekurangan vitamin B. Itu sebabnya, kenapa putih telur tidak diperbolehkan untuk kucing.

Karena vitamin B tersebut sangat diperlukan oleh kucing untuk perkembangan tubuhnya. Jadi, cukup berikan kuningnya saja tanpa memberikan putihnya, untuk pemberiannya sebaiknya berikan pada makanannya setiap seminggu 3 kali.

Nah, itulah beberapa manfaat kuning telur untuk kucing yang bisa anda terapkan dirumah pada kucing peliharaan anda. Dan pada intinya, kuning telur merupakan cara alternatif yang bisa anda gunakan jika anda ragu menggunakan produk nutrisi kucing kemasan.

Bagikan Artikel

Tinggalkan komentar