Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Serta Cara Mengatasinya Kucing adalah salah satu jenis binatang peliharaan yang paling umum dan paling banyak diminati oleh pecinta hewan. Bagaimana tidak ? Sebab, kucing dikategorikan sebagai hewan yang lucu, manja dan cukup mudah untuk dipelihara. Beberapa alasan inilah yang menyebabkan banyak orang jatuh cinta untuk memelihara kucing.

Dibalik kelucuan kucing, tahukah anda bahwa kucing termasuk hewan yang sangat rentan terkena penyakit ? Ya, bisa saja kucing kesayangan anda akan sakit jika ia tidak makan sehari saja. Nafsu makan kucing yang menurun juga perlu anda perhatikan jika anda tidak menginginkan suatu hal buruk terjadi padanya.

Nafsu makan kucing yang menurun disebabkan oleh berbagai faktor dan bisa saja terkadang susah dideteksi. Namun, hal ini tidak boleh anda biarkan begitu saja, sebab kucing akan lebih rentan terkena penyakit jika tidak makan meskipun satu hari saja. Jika hal ini terjadi pada saat proses pembakaran lemak pada tubuh kucing, maka akan ada semacam perubahan metabolisme yang dapat menyebabkan rusaknya jaringan organ hati. Dan apabila organ hati rusak dapat menyebabkan kematian pada kucing.

Lantas, apa saja penyebab kucing tidak nafsu makan dan bagaimana cara untuk mengatasinya ? Ya, terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebab kucing anda tidak mau makan, maka setelah itu anda baru bisa mengatasinya. Berikut beberapa penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya. Simak baik-baik ya!

Penyebab Kucing Anda Tidak Mau Makan

kucing tidak mau makan
Image : canna-pet.com

1. Makanan

Penyebab utama yang paling sering terjadi adalah karena faktor dari makanan. Coba anda perhatikan lagi makanan yang anda berikan kepada kucing kesayangan anda. Apakah anda memberikan makanan kucing yang itu-itu saja ? Nah, bisa jadi karena makanan yang selalu sama, kucing dapat merasa bosan sehingga membuat ia tidak mau makan.

2. Nafsu Makan Berkurang

Apakah anda sering memperhatkan kucing anda saat ia makan ? Cobalah perhatikan, jika ia tidak terlihat senang maka mungkin nafsu makannya berkurang.

3. Penyakit Mulut

Cobalah anda periksa kesehatan mulut kucing anda. Jika terdapat luka di mulutnya atau bau yang tidak sedap daripada biasanya, maka hal inilah yang menyebabkan kucing anda tidak mau makan.

4. Masalah Sistem Pencernaan

Bukankah anda sudah mengetahui bahwa metabolisme tubuh dalam kucing itu kurang baik  disebabkan karena adanya benda asing dalam tubuh kucing, terdapat radang atau parasit dan lain sebagainya. Karena faktor inilah yang menyebabkan sistem pencernaan kucing bermasalah dan membuatnya tidak mau makan.

5. Bosan

Tidak hanya manusia saja yang memiliki alasan bosan untuk tidak makan, karena kucing pun dapat mengalaminya. Kasus ini biasanya terjadi pada ras kucing persia, yang mana biasanya kucing cenderung lebih suka tidur daripada biasanya.

6. Sakit/Demam

Kucing yang sakit atau demam juga bisa menjadi penyebab ia tidak mau makan, lemas bahkan muntah.

Artikel Lain : Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengobatinya

7. Stress

Ada beberapa hal yang membuat kucing anda menjadi stress. Salah satunya karena faktor lingkungan, jika kebetulan anda baru saja mengadopsi seekor kucing, maka artinya kucing tersebut belum bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya yang asing. Hal inilah yang menyebabkan kucing tersebut tidak mau makan.

Setelah anda mengetahui apa saja penyebabnya, maka anda bisa mengatasinya dengan cara sebagai berikut :

Cara Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan

kucing tidak nafsu makan
Image : www.certapet.co

1. Memberi Makanan yang Bervariasi

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memberinya makanan yang bervariasi. Hal ini dapat menjaga mood atau nafsu makan pada kucing agar selalu tinggi, sehingga bisa menambah nutrisi penting yang dibutuhkan kucing.

2. Dekatkan Makanan pada Hidung Kucing

cara selanjutnya, anda bisa mencoba untuk mendekatkan makanan pada kucing hidung agar nafsu makan kucing dapat bangkit. Jika nafsu makan kucing meningkat, otomatis ia akan mendekati makannya dan akan memakannya dengan lahap.

3. Menyuapi Kucing

Jika kucing anda tidak memiliki nafsu untuk makan, maka anda bisa mencoba untuk menyuapinya makanan. Anda bisa menyuapi kucing dengan bermain-main dengannya supaya ia bergerak aktif dan tidak menjadi malas untuk makan.

4. Beri Obat Sakit Mulut

Jika mendapati kucing anda ternyata terkena penyakit mulut, maka anda bisa memberinya obat sakit mulut.

5. Memberi Vitamin

Cobalah sesekali untuk memberi vitamin pada kucing anda untuk menambah nafsu makannya. Untuk jenis vitaminnya, anda bisa mencari di toko peliharaan kucing atau tanyakan pada dokter hewan. Pada umumnya vitamin B kompleks dan lysin yang sering diberikan pada kucing untuk meningkatkan nafsu makannya sekaligus mencegah virus herpes dan flu kucing.

6. Ajak Kucing Bermain

Mengajak kucing bermain bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat kucing anda menjadi nafsu makan. Bagaimana bisa ? Karena dengan mengajaknya bermain dan beraktivitas, tentu akan membuat kucing anda lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Sehingga kucing anda akan merasa senang dan dengan begitu nafsu makannya akan semakin meningkat.

7. Beri Kucing Tempat yang Nyaman

Tempat yang nyaman akan membuat kucing terhindar dari stress. Dengan demkian usahakan kucing anda jauh dari lingkungan yang membuatnya tertekan dan pastikan tidak ada binatang lain yang terlalu agresif kepadanya. Jauhkanlah kucing liar kampung atau kucing tetangga yang galak. Hal ini supaya memberikan kucing kenyamanan dan membuatnya mood untuk makan.

Itulah beberapa penyebab kucing tidak mau makan, dan apabila itu terjadi pada kucing peliharaan anda, sudah tentu tahu bukan bagaimana cara mengatasinya ? Semoga bermanfaat ya.

Bagikan Artikel

Tinggalkan komentar