Kucing Ragdoll

Siapa disini pecinta kucing ? Apakah anda termasuk salah satu penyuka binatang lucu yang satu ini ? Jika anda menyukai kucing, apakah anda sudah mengenal berbagai jenis kucing ? Bagaimana dengan kucing Ragdoll ? Jenis kucing yang bernama Ragdoll adalah ras kucing yang terbesar di dunia. Kucing yang satu ini telah diakui oleh Guines World Of Records. Ragdoll memiliki sejarah yang mana ia dikembangkan pertama kali oleh Ann Baker, yaitu salah seorang peternak kucing Persia yang berasal dari Amerika.

Nah, jika anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Ragdoll, kali ini anda berada di artikel yang tepat. Pasalnya, kali ini kucingimut.com akan mengulas secara singkat bagaimana asal usul nya, ciri-ciri Ragdoll, bagaimana perawatannya serta harga jenis kucing yang satu ini. Simak baik-baik ulasan berikut ini yaa!

Asal Usul Ragdoll

Ragdoll Cantik
Image : www.copet.club

Telah diketahui dari berbagai sumber, informasi mengenai kucing Ragdoll ini adalah termasuk kucing yang merupakan hasil persilangan dari gen kucing ras Persia, kucing Birman dan juga kucing Burmese. Maka tak heran jika kemudian kucing yang satu ini memiliki postur tubuh yang sangat menjulang.

Walaupun Ragdoll masih belum sepenuhnya diakui oleh beberapa organisasi yang bertugas sebagai pendataan standart ras kucing di dunia seperti CFA, TACF, FIFe dan TICA. Namun Ann Beker berhasil mengembangkan Ragdoll seorang diri. Nah, dari sinilah mulai berdiri organisasi kucing ras Ragdoll pada tahun 1971.

Jenis Ragdoll sendiri mulai populer dan telah diakui oleh Guines World Of Records. Hal ini tak lain berkat seorang Amerika yang bernama Ann Baker yang berhasil mengembangkan jenis kucing tersebut. Ann Baker yang merupakan seorang peternak kucing Persia profesional ini juga bisa disebut sebagai penemu dari kucing ras Ragdoll.

Setelah muncul dan berkembangnya organisasi kucing ras Ragdoll, akhirnya Ragdoll baru diakui oleh semua pendaftar kucing yang ada di dunia, bahkan yang sudah memiliki semua standart ras dari berbagai organisasi kucing tingkat dunia, seperti organisasi ; CCA, ACF, CAA/AFCA, CFA, FIFe serta TICA.

Nah, bagi anda yang berencana untuk memelihara kucing ras yang satu ini, maka ada beberapa ciri khusus yang dimiliki yang perlu anda ketahui. Dan sebenarnya ciri-ciri kucing Ragdoll sangat mudah dikenali bahkan oleh orang yang masih awam sekalipun. Apa saja sih ciri-cirinya ? Yuk kita simak bersama-sama artikel dibawah ini dibawah ini

Ciri-Ciri Kucing Ragdoll

Mata Radgoll
Image : petful.com

Adapun untuk ciri-cirinya sangatlah mudah untuk dikenali. Jadi, bagi anda penyuka jenis kucing yang lucu ini, anda akan sangat mudah mendeteksi kucing jenis ini. Namun yang perlu anda ketahui, perbedaan antara kucing Ragdoll dan kucing Himalaya tidak begitu jauh berbeda.

Ciri khas pertama dari Ragdoll yakni terdapat pada bulu kucing bagian muka yang berwarna lebih gelap dibandingkan dengan bulu pada bagian lainnya.

Bagaimana dengan bentuk fisiknya ? Jenis kucing yang satu ini memiliki postur tubuh dengan ukuran yang besar dan dada yang lebar. Nah, ciri khas lainnya dari Ragdoll adalah memiliki panggul yang lebih besar dan lebih tinggi daripada jenis kucing lain pada umumnya.

Bagaimana dengan berat badan nya? Jika ditimbang, berat badan Ragdoll jantan dapat berkisar sekitar 12 hingga 20 pon atu setara dengan 4 sampai 9 kg. Sedangkan untuk Ragdoll betina, memiliki berat badan sekitar 10 hingga 15 pon yang setara dengan 4 sampi 9 kg.

Kucing Ragdoll juga diketahui memiliki mata yang rata-rata berwarna biru dengan bentuk oval sempurna. Bulu kucing yang panjangnya sedang dan halus layaknya bulu kelinci ini rupanya juga dimiliki oleh jenis ras Ragdoll ini. Adapun untuk warna bulunya sangat varitif, diantaranya adalah warna vanda, mited, bicolor dan warna point yang memang digolongkan dalam bentuk tortie, solid dan lynk. Secara keseluruhan, ia memiliki bulu yang sangat panjang serta halus menyerupai bulu kelinci Eropa.

Artikel Lainnya : Mengenal Kucing Caracal

Karakter Ragdoll

ragdoll
Image : indoorcatmom.com

Lalu, bagaimana dengan karakter si Ragdoll ? Kucing lucu satu ini tampaknya diketahui memiliki suara yang lembut, bahkan akan nyaris tidak terdengar jika kucing ini berada pada jarak yang jauh dari hadapan anda. Nah, hal ini juga menjadikan salah satu pertanda bahwa Ragdoll adalah hewan peliharaan yang sangat bersahabat. Bagaimana bisa ? Ya, karena suaranya yang lembut tadi, menunjukkan bahwa kucing ini tidak menyukai kekerasan.

Tidak hanya itu saja, ragdoll mempunyai sifat yang cenderung manja. Siapa sih yang tidak suka jika kucingnya manja kepada pemiliknya ? Ragdoll sangat mengenal pemiliknya, dan akan sangat senang jika dipeluk berlama-lama oleh pemiliknya.

Namun dibalik sifat manjanya, ternyata kucing Ragdoll juga memiliki sifat yang sangat elegan dalam kesehariannya bersama sang pemilik. Contohnya bagaimana ? Nah, Ragdoll diketahui tidak suka mengganggu orang lain dan bahkan akan cenderung memiliki sifat yang cuek jika anda sebagai pemilik bersikap cuek.

Disamping memiliki sifat yang manja sekaligus elegan, kucing yang satu ini rupanya juga memiliki karakter yang sangat aktif dan suka bermain. Anda akan seringkali menemukan ruangan menjadi berantakan karena saking aktifnya si ragdoll ini. Namun, jika anda memelihara kucing ini dengan baik, maka iaakan patuh terhadap anda. Hal ini dikarenakan kucing ini termasuk ras kucing yang sangat muda untuk dilatih.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Persia Yang Perlu Anda Ketahui!

Cara Merawat Kucing Ragdoll

Mata Radgoll
Image : petpress.net

Lantas, bagaimana dengan perawatan kucing ragdoll ? Apakah merepotkan ? Tentu saja tidak. Bahkan untuk merawat kucing ini dapat dikatakan sangat mudah. Karena Ragdoll memiliki bulu yang semi agak panjang, jadi ia dapat dengan mandiri merawat bulunya sendiri. Namun, bukan berarti sang pemilik tidak memperhatikannya ya. Nah, dapat dikatakan bahwa Ragdoll tidak rentan seperti kucing jenis lainnya, dikarenakan masih bisa mengurus dirinya sendiri.

Anda bisa merawat kucing ini dengan memandikannya minimal 2 hari sekali secara rutin. Hal ini tentu saja akan membantu bulu kucing tetap bersih dan bebas dari kutu. Gunakanlah shampo khusus anti kutu supaya kucing terhindar dari kutu kucing. Nah, jika sudah dimandikan jangan lupa untuk menyisir bulunya supaya tetap halus, rapi dan terhindar dari bulu rontok yang menggumpal di badan kucing.

Bagaimana dengan makanan kucing Ragdoll ? Apakah sama dengan makanan kucing jenis lainnya ? Untuk makanan si ragdoll, anda bisa memberikannya makanan basah ataupun kering yang bisa anda beli di petshop terdekat di rumah anda. Nah, setelah kucing anda selesai makan, maka segera bersihkan tempat makannya demi tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

Bagaimana ? Apakah anda memiliki ketertarikan untuk memeliharanya dirumah anda ? Jika anda berminat untuk membelinya dan dijadikan sebagai kucing peliharaan dirumah, terlebih dahulu anda harus mengetahui harganya di pasaran. Diketahui bahwa harga Ragdoll sangatlah bervariatif. Namun, yang perlu diingat sebelumnya adalah harga kucing di setiap daerah tentu akan berbeda. Jangankan beda daerah, bahkan berbeda toko saja akan berbeda pula hargannya, ada yang lebih mahal dan ada juga yang lebih murah.

Harga Kucing Ragdoll

ragdoll
Image : catbreedslist.com

Kucing Ragdoll pada umumnya dibandrol mulai harga Rp 3.500.00 sampai 10.000.000. Wah, sangat mahal bukan ? Bahkan jika keturunan kucing ini lebih berkualitas dari induknya, tentu aka semakin mahal pula harganya. Maka tak heran jika kucing jenis ini disebut sebagai salah satu ras kucing terbesar  yang ada di dunia. Tertarik untuk memilikinya ?

Bagikan Artikel

Tinggalkan komentar