Kucing Caracal

Kucing Caracal Bagi pecinta binatang, kucing merupakan salah satu jenis binatang yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Bagaimana tidak ? Karena sifatmya yang jinak dan lucu serta perawatannya yang sangat mudah, membuat kucing ini menjadi hewan peliharaan yang cukup populer. Lantas, jenis kucing apa yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan ?

Beberapa jenis kucing yang dapat anda jadikan sebagai hewan peliharaan diantaranya seperti kucing persia, kucing domestik, ragdoll, british shorthair, maine coon dan masih banyak lagi jenis kucing lainnya. Lalu, bagaimana dengan jenis kucing Caracal ? Apakah anda pernah mendengar atau menjumpai jenis kucing unik yang satu ini ?

Kucing Caracal atau Karakal adalah salah satu hewan yang berasal dari Afrika dan Timur Tengah, dengan ciri khas memiliki telinga berwarna hitam dengan ujung bulu yang panjang. Walaupun termasuk kategori hewan liar dan belum banyak dipelihara, namun kucing eksotis yang satu ini dapat anda jadikan sebagai hewan peliharaan. Sebab karena pesona yang dimiliki karakal inilah yang akan menjamin anda ingin memeliharanya di rumah.

Penasaran bagaimana seluk beluk dari kucing Caracal ? Artikel kali ini akan mengulas singkat mengenai sejarah, ciri-ciri serta harga dari jenis kucing Caracal. Simak baik-baik uraian berikut ini ya!

Asal Usul Kucing Caracal

asal usul kucing karakal
Image :

Tahukah anda darimana sebenarnya kucing jenis karakal ini berasal ? Ternyata, Kucing yang merupakan jenis kucing dengan berukuran sedang ini awal mulanya tersebar di Asia dan Afrika. Binatang ini termasuk dalam famili Felidae dengan tampilannya yang anggun dan ramping, namun juga sangat tangguh dan berotot. Kucing karakal diklasifikasikan sebagai kucing tercepat sekaligus terberat dari semua kucing kecil. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak ciri-ciri kucing Caracal di bawah ini.

Ciri-ciri Kucing Caracal

Adapun ciri-ciri jenis kucing Caracal yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut ;

  1. Memiliki Umur Panjang

Ciri utama yang dimiliki kucing Caracal ialah memiliki jangka waktu hidup yang cukup panjang. Rupanya, kucing ini mampu bertahan hidup di alam liar selama kurang lebih 12 tahun, serta 17 hingga 19 tahun di penangkaran. Sedangkan untuk perkawinan bisa terjadi setiap saat terutama jika mangsanya lebih banyak, yaitu setelah periode kehamilan sekitar 2 hingga 3 bulan. Dan seekor induk caracal dapat melahirkan 1 hingga 6 anak dan akan disapih saat berumur 9 bulan.

  1. Memiliki Telinga Menyerupai Antena

Ciri khas kedua dari kucing Caracal ialah memiliki bagian telinga hitam berumbai dan berbentuk agak meruncing. Sesuai dengan asal namanya dari bahasa Turki, yaitu Karakulak yang berarti “telinga hitam”. Telinga yang menyerupai antena ini sangat berguna untuk mencari mangsa karena dikendalikan oleh 29 otot yang berbeda.

Datang dengan tubuh yang anggun dan ramping, ras kucing ini memiliki ciri unik pada bagian mantel bulu keemasan yang pendek. Wajahnya yang kokoh, mencirikan kucing ini sebagai kucing mandiri dan terbiasa hidup bebas di alam liar.

Adapun untuk bentuk telinga Caracal ini termasuk khas karena memiliki fungsi untuk mencegah lalat meghinggapi wajahnya. Disamping itu fungsi lain telinga unik kucing Caracal ini diyakini sebagai sarana berkomunikasi dengan ras yang sama. Kucing ini akan menggoyangkan telinganya saat ia berinteraksi dengan Caracal lain. Selain itu warna tubuh yang dimilikinya pun mampu menyamarkan dirinya ketika berada di kawasan kering.

  1. Pemburu Handal

Kucing Caracal dapat dikatakan sebagai pemburu yang handal, sebab selain ahli dalam memanjat pohon, rupanya Caracal ini juga merupakan pemburu yang aktif.  Caracal akan mengintai mangsanya dalam radius 5 meter, kemudian berlari kencang, melompat dan menerkam. Mangsa utama kucing ini yaitu unggas berukuran kecil hingga besar, dan tak jarang pula jika mangsanya lebih besar, ia akan menyembunyikaan bangkainya di balik pohon.

  1. Memiliki Suara Unik

Jika pada umumnya kucing biasa mengeong, namun tidak demikian dengan jenis yang satu ini. Kucing ini akan menggeram, mendesis serta mendengkur. Bahkan biasanya untuk memberi peringatan, Caracal dapat membuat suara yang menggonggong.

  1. Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Untuk beberapa jenis Caracal aan berpindah kategori, yang awal mulanya dari predator liar menjadi hewan peliharaan ekslusif dan mahal. Binatang yang mudah dijinakkan ini kini sudah sangat langka. Oleh sebab itu, untuk melestarikannya, harga anak kucing caracal dapat bernilai U$D 10 ribu atau sekitar Rp 132 juta.

Sangat mahal bukan ? Mungkin anda tidak akan bisa memeliharanya dikarenakan hewan ini termasuk dalam kategori hewan langka. Akan tetapi, anda masih bisa mendukung terus kampanye pelestariannya. Hal itu tak lain adalah agar anak cucu anda masih dapat melihat jenis kucing Caracal di masa depan. Bukankah demikian ?

  1. Perilaku Caracal

Kucing caracal diketahui memiliki perilaku yang cenderung pendiam, namun bisa berubah menjadi gaduh ketika gelisah. Kucing Karakal memiliki cara khusus untuk menyampaikan pesan kepada karakal lainnya yaitu dengan mencakar pohon dan tanda tertentu dengan kaki. Peilaku semacam ini memiliki kemiripan dengan ras kucing pada umumnya, yaitu kelenjar aroma di bagian jari dan wajah. Terkenal sebagai kucing liar yang bebas mandiri, Kucing ini cenderung memiliki sifat individu. Namun kucing tersebut bisa berkelompok dengan sejenisnya untuk tujuan tertentu, seperti menjaga wilayah kekuasaan mereka.

  1. Habitat Alami Caracal

Kucing Caracal hidup di kawasan kering yang cenderung tandus dan jauh dari air. Ia memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik di daerah Afrika, Timur Tengah dan India. Walaupun hidup di hutan kering air, gurun dan padang yang kering, Ia masih mampu bergerak lincah mencari makan dengan mandiri ketika malam hari.

Harga Kucing Caracal

anak kucing caracal
Image : worldexoticcats.com

Dengan menurunnya jumlah kucing Karakal yang semakin memprihatinkan, kini menarik perhatian para pemerhati hewan. Jika tidak ada kepedulian dari manusia, penggunaan lahan yang selama ini didiami mereka untuk hidup akan semakin terpinggirkan dan beresiko punah.

Lantas, bagaimana dengan harga kucing Karacal saat ini ? Tahukah anda bahwa untuk mendapatkan kucing jenis ini anda perlu merogoh kocek sebesar US$ 8.000 hingga US$ 25.000 atau sekitar Rp 150 juta hingga Rp 350 juta. Ya, diantara banyaknya jenis kucing yang dapat dipilih sebagai binatang peliharaan, kucing Caracal adalah ras kucing yang memang dijual sangat mahal. Bagaimana ? Apakah anda masih tertarik untuk memiliki kucing ras yang satu ini ?

Bagikan Artikel

2 pemikiran pada “Kucing Caracal”

Tinggalkan komentar