Ciri-Ciri Kucing Sakit Demam dan Cara Mengobatinya

Ciri-Ciri Kucing Sakit dan Cara Mengobatinya Apakah anda memiliki kucing peliharaan dirumah ? Jika ya, apakah anda pernah mendapati kucing anda sakit demam ? Kucing sakit adalah masalah umum yang dialami hewan peliharaan yang lucu ini. Lantas, apakah sakit demam ini berbahaya ?

Nyatanya, pemelihara kucing banyak yang tidak mengetahui bagaimana ciri-ciri sakit demam yang diderita oleh kucing kesayangannya. Bahkan banyak orang yang bertanya apakah kucing yang demam boleh dimandikan atau tidak dan apa saja obatnya sakit demam pada kucing ? Nah, untuk mengetahui ciri-ciri kucing sakit demam beserta cara mengobatinya, anda bisa menyimak uraian di bawah ini ya.

Ciri-ciri Kucing Sakit (Demam)

 

anak kucing demam
Image : www.homeoanimal.com

1. Diare

Ciri pertama jika kucing peliharaan anda terkena demam adalah diare. Sistem pencernaan pada kucing, umumnya akan menyesuaikan dengan makanan kucing sehari-hari yang diberikan sang pemilik kepada kucingnya. Namun, jika si pemilik kucing mengganti makanan kucing, maka kucing akan kesulitan untuk beradapatasi dengan makanan baru dan menjadikannya diare, sembelit bahkan demam.

2. Badan Kucing Panas

Jika manusia demam, maka umumnya badannya akan terasa panas bukan ? Begitupula dengan kucing. Ciri-ciri kucing terkena demam yang satu ini memanglah tidak jauh berbeda dengan demam yang dialami oleh manusia. Jika anda memegang kucing dan badannya terasa panas, maka itu artinya kucing anda sedang demam.

3. Nafsu Makan Berkurang

Nafsu makan yang berkurang pada kucing juga adalah salah satu gejala yang dialami oleh kucing yang demam. Ya, dapat dikatakan bahwa demam adalah satu penyebab kucing tidak mau makan. Jika kucing anda terkena demam, maka biasanya ia tidak mau makan meskipun itu makanan favoritnya karena kondisi tubuhnya yang demam.

4. Sering Tidur

Ciri kucing sakit demam selanjutnya adalah perubahan perilaku yang bisa dilihat dengan mudah. Contohnya adalah jika kucing anda biasanya senang berlari-lari kemudian seketika berubah menjadi suka tidur secara terus-menerus, maka hal ini bisa menjadi tanda kucing anda terkena demam.

5. Bulu Kucing Rontok

Bulu kucing yang mulai rontok bisa menjadi salah satu tanda jika ia sakit demam. Gejala yang satu ini tidak disebabkan karena hormon, lingkungan, makanan yang kurang cocok atau suhu ruangan di sekitar kucing yang terlalu panas. Melainkan bulu kucing yang mulai rontok ini karena kekurangan vitamin, yang menyebabkan si kucing terkena demam karena daya tahan tubuhnya menjadi rentan.

6. Bau Mulut Pada Kucing

Saat kucing anda terkena demam, seketika itu juga akan mengakibatkan bau mulut kucing yang tidak sedap, dikarenakan panas dalam. Biasanya, si kucing tidak akan nafsu makan melainkan hanya ingin minum terus menerus, dan karena di mulut kucing itu kering, maka mengakibatkan nafasya menjadi bau.

7. Kucing Muntah-muntah

Kucing anda terkena demam jika ia sering muntah-muntah. Sama halnya seperti manusia yang terkena demam yang juga suka muntah dikarenakan kondisi perut yang tidak stabil, demikian pula dengan kucing peliharaan anda.

Baca Juga : Penyebab Kucing Muntah

8. Berat Badan Kucing Turun

Saat kucing sedang demam, maka kucing akan sering tidur, nafsu makannya turun sehingga mengakibatkan kondisi tubuh kucing menurun dan menyebabkan berat badannya menjadi turun bahkan mungkin turun secara drastis.

9. Hidung Kucing Berair

Pada umumnya jika manusia mengalami masuk angin biasanya akan terkena flu atau hidung berair bukan ? Sama halnya dengan kucing yang jika sakit demam maka hidungnya juga berair.

10. Perubahan Bentuk Tubuh

Ciri kucing sakit demam lainnya yaitu terjadi perubahan bentuk tubuh kucing. Dimana semula bentuk tubuh kucing tidak bengkak, maka saat sakit demam ada pembengkakan di bagian tertentu atau terlihat adanya luka. Namun anda juga harus memperhatikan perubahan pada mulutnya dan baunya. Jika tercium bau busuk maka kemungkinan kucing tersebut tidak hanya demam, melainkan terkena penyakit tertentu seperti pencernaan. Apabila mengalami hal demikian, lebih baik anda membawa kucing ke dokter hewan.

11. Telinga Kucing Terasa Panas

Kucing yang mengalami demam biasanya pada bagian daun telinganya akan terasa panas, sama halnya dengan manusia saat terkena demam. Namun anda tidak perlu khawatir jika telinga kucing terasa panas tanpa menunjukkan gejala penyakit kucing lainnya, karena kucing hanya menderita demam biasa.

Itulah beberapa ciri-ciri sakit demam yang dialami oleh kucing. Jika anda menemukan ciri-ciri diatas pada kucing peliharaan anda, maka kemungkinan besar si kucing mengalami demam. Lantas, bagaimana cara mengatasinya ? Berikut ini cara mengobati sakit demam pada kucing yang perlu anda lakukan.

Cara Mengobati Kucing Sakit (Demam)

Kucing sakit diperiksa dokter

1. Memberikan Air Putih yang Cukup

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengobati kucing anda saat sakit demam ialah dengan memberikannya air putih yang cukup guna untuk mencegah dehidrasi. Anda bisa menyediakan air minum yang banyak saat kucing sedang demam. Salah satu tips ini adalah mengatasi kucing sakit demam tanpa memberikan obat.

2. Memberi Suplemen dan Vitamin B

Berikanlah suplemen energi dan vitamin B jika kucing anda terkena demam. Pemberian suplemen dan vitamin ini berguna untuk meningkatkan nafsu makan kucing anda. Biasanya kucing yang sakit demam tidak mau makan karena kondisinya yang kurang sehat. Nah, jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka otomatis kondisi kucing akan semakin memburuk. Oleh karena itu, pentingnya memberikan suplemen dan vitamin ini untuk meningkatkan nafsu makan sekaligus memberikannya nutrisi yang lebih pada kucing.

3. Mendinginkan Tubuh Kucing

Cara mengobati kucing saat sakit demam ialah dengan mendinginkan tubuhnya. Mengapa ? Sebab hal ini adalah cara alternatif selain menggunakan obat, yakni dengan mendinginkan suhu tubuh kucing yang terkena demam. Cobalah untuk membawa si kucing ke tempat yang sejuk aseperti meletakannya di bawah kipas angin atau membasuhkan tubuhnya dengan air.

4. Menggunakan Obat Anti Demam

Memilih obat anti demam yang aman khusus kucing seperti tolfenamic acid, juga merupakan cara terbaik untuk mengatasi sakit demam kucing. Obat tersebut dapat menanagani berbagai permasalahan demam pada kucing.

5. Bawa ke Dokter Hewan

Cara terakhir untuk mengobati kucing yang terkena demam ialah dengan membawanya ke dokter hewan. Ini adalah cara praktis jika semua yang dilakukan sudah tidak memiliki harapan lagi.

Demikianlah ciri-ciri sakit demam pada kucing serta cara mengobatinya. Semoga dengan menyimak artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda agar bisa mengetahui dan mengatasi saat kucing anda terkena demam.

Bagikan Artikel

Tinggalkan komentar