Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Membandel

Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Membandel – Artikel kali ini adalah artikel sambungan dari sebelumnya dimana kita sebelumnya sudah membahas manfaat kuning telur untuk kucing, dimana pada pembahasan tersebut banyak sekali point-point penting yang harus diketahui oleh pemilik peliharaan kucing.

Berbicara mengenai kutu, sudah tidak asing lagi kalau hewan ini sangatlah menganggu. Kutu tidak hanya bisa ditemukan di tempat tidur saja, melainkan juga dapat ditemukan pada manusia dan juga hewan. Jika saat ini kucing peliharaan anda sedang terserang kutu, maka anda harus mewaspadai hal tersebut.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan kutu kucing, baiknya anda simak beberapa pembahasan ini.

cara mengatasi kutu kucing
Image : www.lienanimal.com

Tahukah anda bahwasanya kutu kucing dapat berpindah pada manusia? Pada saat kutu dibersihkan dari kucing, maka kutu kucing akan kehilangan sumber makanannya, yang kemudian membuat mereka berpindah pada manusia. Hal ini dilakukan untuk mencari sumber makanan lain.

Kutu kucing pada umumnya yang berpindah pada manusia akan mengigit paha bagian bawah yang bisa mengakibatkan bintik-bintik serta rasa gatal yang cukup menganggu. Tak jarang juga manusia yang digigit kutu kucing akan mengalami alergi yang berlebih seperti infeksi. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa terjadi pada manusia karena gigitan kutu kucing, diantaranya;

  • Infeksi bakteri, Infeksi bakteri dapat memungkinkan terjadi, jika pada saat digigit kutu kucing tidak segera dibersihkan.
  • Infeksi cacing pita, kutu kucing yang terinfeksi cacing pita dapat menular pada manusia jika kutu kucing tidak sengaja tertelan.
  • Bartonellosis (cat scratch disease), penyakit ini disebabkan oleh cakaran kucing yang memiliki kutu, infeksi ini dapat menyebabkan munculnya bisul atau benjolan yang berisi cairan (nanah).
  • Murine typhus, infeksi bakteri yang disebabkan oleh kotoran kutu kucing yang masuk kedalam luka di kulit atau pun bekas gigitan kutu. Infeksi ini dapat menimbulkan nyeri di badan, sakit kepala, demam, dan bercak-bercak pada bagian tubuh.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Yang Membandel

kutu kucing membandel
Image : www.thesprucepets.com

Banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan untuk menghilangkan kutu kucing, seperti halnya biaya yang harus dikeluarkan, keamanan, keefektifan, hingga efek samping yang akan ditimbulkan.

Menghilangkan kutu pada kucing sangatlah perlu dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap infeksi penularan bakteri ataupun gigitan kutu kucing pada manusia. Berikut ini beberapa cara menghilangkan kutu kucing yang dapat anda dilakukan.

1. Menggunakan Salep Khusus Kutu Kucing

Salep kutu kucing pada umumnya berupa cairan yang didalamnya terkandung senyawa fipronil, imidakloprid, selamectin atau fluralaner. Salep kutu kucing dapat anda oleskan pada area yang terdapat kutu kucing atau bagian belakang kucing sebulan sekali. Namun, juga perlu anda perhatikan petunjuk pemakaian di label, ataupun meminta saran kepada dokter hewan bagaimana cara penggunaanya.

Salep kutu kucing bisa dijadikan cara yang paling efek untuk menghilangkan kutunya. Namun, pada saat pemakaian sebaiknya biarkan salep mengering terlebih dahulu sebelum anda menyentuhnya. Selain itu juga, hindari terlalu sering memandikan kucing.

Baca Juga : Cara Memandikan Kucing Kesayangan

2. Menggunakan Kalung Kutu Kucing

Cara kedua untuk menghilangkan kutu kucing yaitu menggunakan kalung kutu kucing, kalung kutu kucing ini biasanya memiliki senyawa seperti imidakloprid dan flumethrin. Cara kedua ini adalah cara yang paling praktis untuk dilakukan.

Namun, kalung kutu kucing hanya efektif di daerah tertentu saja seperti dileher si kucing, serta penggunaanya kalung kutu kucing juga memiliki efek samping yakni kehilangan bulunya di bagian lehernya.

Untuk itu, sebelum anda benar-benar memutuskan untuk membelikan kucing peliharaan kalung kutu kucing sebaiknya perhatian bahan yang digunakan kalung tersebut. Pilihlah kalung yang lebih lembut.

3. Menggunakan Bubuk Kutu Kucing

Bubuk kutu kucing juga cara yang bisa menjadi pilihan untuk anda lakukan dengan cara menaburkan ke seluruh tubuh kucing. Namun, penggunaan bubuk kutu kucing ini membuat sekitar rumah berantakan serta juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan apabila terhirup terlebih lagi sampai tertelan.

4. Menggunakan Obat Kutu Kucing

Obat kutu kucing ini dapat kita temukan dengan berbagai bentuk mulai dari cairan, tablet hingga pil yang bisa dikonsumsi oleh kucing. Cara menghilangkan kutu kucing menggunakan obat ini cukup efektif, karena cara ini bekerja dengan membunuh kutu kucing saat kutu menggigit kucing peliharaan. Obat kutu kucing biasanya akan berefek dalam waktu 30 menit.

Kandungan yang terdapat pada obat kutu kucing ini berupa spinosad ataupun nitenpyram. Selain itu, penggunaan obat kutu kucing ini tidak akan meninggalkan  sisa-sisa bahan kimia pada kucing.

5. Menggunakan Shampo / Semprotan Kutu Kucing

Shampo atau semprotan kutu kucing ini hanya dapat membunuh kutu kucing saat digunakan saja, dengan begitu, tidak bisa membunuh kutu kucing yang berada di sekitar kucing dan kembali menjangkiti kucing.

Shampo atau semprotan kutu kucing ini biasanya mengandung fipronil yang bisa digunakan pada anak kucing yang tidak bisa diberikan salep kutu kucing. Namun, suara dari semprotan dapat membuat kucing terganggu atau cemas.

6. Berikan Suntikan Kutu Kucing

Suntikan kutu kucing lebih efektif sebagai upaya pencegahan terjangkit kutu kucing. Biasanya hal ini dilakukan bersamaan dengan pemakaian salep kutu kucing. Penyuntikan baiknya dilakukan setiap 6 bulan. Suntikan ini dapat mencegah perkembangan telur dan larva dari kutu kucing. Namun, tidak dapat membunuh kutu kucing yang sudah dewasa.

Umumnya, produk yang digunakan untuk menghilangkan kutu kucing mengandung adulticide. Senyawa tersebut berfungsi untuk membunuh kutu dewasa sebelum kutu tersebut bertelur atau insect growth regulator (IGR).

7. Gunakan Minyak Telon

Tentunya anda memiliki minyak telon ya dirumah, ternyata minyak telon ini juga dapat menghilangkan kutu kucing. Penggunakan minyak telon ini bisa anda jadikan cara alternatif, karena kandungan yang ada didalam minyak telon terbukti bisa menghilangkan kutu kucing. Tapi, gunakan secukupnya aja ya, karena jika berlebihan akan mengganggu indra penciuman si kucing. Dan akan membuat si kucing tidak nafsu makan karena bau minyak telon tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

8. Gunakan Jus Lidah Buaya

Mungkin sedikit menjadi pertanyaan, bagaimana bisa jus lidah buaya dapat menghilangkan kutu kucing!!. Ternyata sudah banyak diantara para pecinta kucing yang menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan kutu kucing pada peliharaan mereka.

Cara membuatnyapun cukup mudah, haluskan lidah buaya menggunakan blender dengan sedikit campuran cabe rawit kemudian saring airnya lalu simpan dalam botol. Air saringannya tersebut, bisa anda gunakan untuk menghilangkan kutu kucing dengan cara disemprot pada kucing.

9. Gunakan Air Lemon

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami selain menggunakan lidah buaya juga bisa menggunakan perasan air lemon. Cara membuat obat kutu kucing menggunakan air lemon juga cukup mudah tidak jauh berbeda dengan cara menggigit jus lidah buaya.

Caranya, pilihkan lemon yang bagus kemudian potong hingga menjadi beberapa bagian kemudian dicampurkan ke air mendidih. Setelah itu, diamkan selama 12 jam atau semalaman kemudian saring pada hari esoknya, air tersebut bisa dijadikan sebagai bahan semprotan untuk menghilangkan kutu kucing.

10. Menyisir Bulu Kucing

Untuk menghilangkan kutu pada kucing, anda dapat melakukan kegiatan menyisir bulu kucing seusai memandikan si kucing. Gunakanlah sisir yang cocok. Sisir bulu kucing dengan merata agar kutu kucing hilang pada saat di sisir. Menyisir bulu kucing tidak hanya dapat menghilangkan kutu kucing saja. Melainkan dapat membantu mengatasi kerontokan pada bulu kucing.

Itulah cara menghilangkan kutu kucing yang bisa anda coba. Langkah awal yang terpenting adalah menjaga kebersihan kucing peliharaan Anda agar kutunya tidak berpindah ke manusia sehingga menyebabkan penyakit.

Jika anda sudah melakukan semua poin poin diatas. Namun, kutu kucing yang membandel masih juga belum hilang. Segeralah bawa kucing kesayangan anda ke dokter hewan terdekat di kota anda untuk melakukan konsultasi. Terima kasih.

Bagikan Artikel

Tinggalkan komentar