Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor Dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor – Kucing menjadi salah satu hewan yang paling banyak disukai oleh orang untuk dijadikan hewan peliharaan diantara hewan-hewan lain. karena kucing memiliki tingkah dan rupa yang lucu. Dalam memelihara kucing tentunya memerlukan perawatan yang tidak boleh diabaikan sebagai bentuk kita peduli sama satu lain. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan kucing itu sendiri.

Salah satu yang tidak boleh kita abaikan tersebut adalah kebersihan telinganya. Memang kucing dapat membersihkan tubuhnya sendiri dengan cara menjilatinya untuk membersihkan kotoran maupun kuman bahkan kutu yang menempelnya. Hal inilah yang membuat tidak sedikit pemelihara kucing jarang atau bahkan tidak pernah memandikannya.

Namun, disamping itu juga kucing tersebut hanya dapat membersihkan dirinya sendiri pada daerah-daerah tertentu saja. Seperti bagian belakang, kaki, punggung dan perutnya. Sehingga untuk daerah yang tidak terjangkau maka ini dapat memungkinkan menjadi sumber penyakit untuk si kucing seperti area telinganya.

Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan benar

cara membersihkan telinga kucing dengan cotton bud
Image : cats.lovetoknow.com

Untuk itu, setelah kita sebelumnya membahas cara menghilangkan kutu kucing, pada kesempatan kali ini kita akan membahas kembali masih dalam seputar kucing yaitu cara membersihkan telinga kucing yang kotor. Berikut ini adalah cara membersihkan telinga kucing dengan benar :

1. Pastikan Kucing Dalam Keadaan Nyaman

Langkah pertama yang anda harus lakukan adalah dengan membuat kucing tersebut nyaman dan tenang. Karena, kucing yang sedang tidak nyaman ataupun stres tentunya ini akan membuat anda kesulitan untuk membersihkannya. Cara membuat kucing nyaman bisa menggunakan kain handuk yang lembut untuk menutupi badannya.

2. Periksa Bagian Telinga

Sebelum anda melakukan pembersihkan terhadap kucing, sebaiknya periksa terlebih dahulu. Apakah memang telinga kucing tersebut kotor atau cukup bersih. Membuat kucing nyaman diatas merupakan bagian dari pemeriksaan kotoran pada telinga kucing.

Lihat secara keseluruhan apakah ada kotoran yang menempel di dalam telinga kucing dan adakah perilaku memberontak ketika kucing dipegang kupingnya sebagai bentuk tanda adanya permasalahan pada telinga kucing.

3. Teteskan Dengan Cairan Pembersih Telinga

Ini merupakan langkah pertama cara membersihkan telinga kucing dengan baik. Cairan pembersih telinga kucing bisa anda dapatkan pets shop, untuk harganya sendiri sangatlah terjangkau serta tersedia juga dalam beberapa merk. Selain penggunaanya, sebaiknya perhatikan takaran dosis yang terdapat pada kemasannya.

Teteskan secara bertahap pada telinga kucing, dan biarkan beberapa waktu sampai cairan tersebut bekerja dengan maksimal untuk merontokkan kotoran yang menempel pada dinding telinga si kucing. Sambil menunggu, anda juga bisa meneteskannya di telinga satunya lagi.

Artikel Lainnya : Cara mengatasi Bulu Kucing Rontok

4. Pijat Bagian Telinga Kucing

Setelah cairan pembersih telinga diteteskan pada kucing, maka langkah selanjutnya yakni berikan pijatan lembut pada bagian telinga dan kepala. Proses dari pemijatan ini bertujuan agar kucing dapat mengeluarkan dengan sendirinya cairan pembersih beserta kotoran dari telinga, siapkan kain ataupun tisu untuk menampung kotoran yang keluar dari telinga kucing.

5. Biarkan Kucing Menggelengkan Kepalanya

Setelah proses pemberian pembersih cairan telinga dan proses pemijatan, biarkan si kucing hingga bereaksi. Pada umumnya, kucing akan bereaksi dengan menggerakkan kepalanya ke kanan dan ke kiri, biarkan saja dia melakukan beberapa saat karena ini akan membantu ia mengeluarkan kotoran yang menempel hingga bisa terlepas sendiri dan keluar dari telinga kucing.

6. Bersihkan Telinga Kucing Menggunakan Kapas

Memang tidak semua kotoran pada telinga kucing dapat keluar meskipun kucing menggoyang-goyangkan kepalanya, pasti masih ada kotoran yang masih menempel dibagian dinding telinga. Untuk itu, bersihkan kotoran yang masih menempel tersebut menggunakan kapas.

Untuk penggunaan kapas, sebaiknya basahi terlebih dahulu agar lebih mudah untuk mengangkat kotorannya. Usapkan secara perlahan, jangan terlalu menekan pada saat mengusapnya. dan buat si kucing senyaman mungkin agar ia tidak kaget dan bereaksi melompat dan melarikan diri.

Perlu diketahui, kapas basah ini tidak mampu untuk mengangkat kotoran yang terlalu dalam pada bagian telinga kucing. Namun, sangat efektif jika kapas basah digunakan untuk mengangkat kotoran yang menempel pada bagian telinga luar.

Baca Juga : Cara Melebatkan Bulu Kucing dengan Baik dan Benar

7. Bersihkan Menggunakan Cotton Bud

Selain menggunakan kapas basah, anda juga bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga kucing bagian dalamnya. Sebelum melakukan cara membersihkan telinga kucing dengan cotton bud. ada hal-hal penting yang harus anda diperhatikan.

Pertama, perhatikan ujung kapas pada cutton bud. Jangan gunakan cutton bud yang ujung kapasnya terlalu runcing, pilihlah ujung kapas yang terlihat besar atau tebal. Ujung yang runcing berpotensi membuat si kucing tidak nyaman karena gesekan yang ditimbulkan akan lebih kasar dibandingkan ujung yang tebal.

Kedua, basahi sedikit ujung kapas dengan air agar dapat dengan mudah mengangkat kotoran yang ada pada telinga kucing.

Setelah memperhatikan kedua hal diatas. Kemudian lakukan pembersihan menggunakan cotton bud secara perlahan. Jangan terlalu dalam memasukan cotton bud karena ini bisa melukai kucing itu dan pastikan juga kucing dalam keadaan nyaman serta tenang.

8. Menggunakan Alat Hisap

Jika anda tidak terlalu paham ataupun tidak berani untuk melakukan beberapa langkah diatas. Maka ada cara yang paling efesien yang bisa dilakukan, yaitu langsung membawa kucing anda ke klinik hewan.

Di klinik hewan kucing biasanya dibersihkan telinganya menggunakan alat hisap atau dikenal dengan metode suction. Alat hisap ini hanya mampu mengeluarkan kotoran yang cair, sehingga kotoran yang keras perlu di lembekkan dan cairkan terlebih dahulu.

Cara untuk melembekkan kotoran yakni dengan memasukan cairan ceruminolitik. Baru setelah itu dilakukan tahap penyedotan. Perlu diketahui cairan ceruminolitik yang dimasukan ke telinga kucing harus dikeluarkan secara keseluruhan. Karena jika cairan ini mengendap di telinga bisa menyebabkan masalah baru.

9. Berikan Hadiah Si Kucing

Jangan lupa berikan hadiah untuk si kucing setelah anda membersihkan telinganya. Hadiah dapat berupa Usapan, pelukan, memberikan makanan atau minuman, mainan. Hal ini bertujuan agar dia merasa senang dan tidak takut kalau suatu saat ingin membersihkan telinga si kucing lagi.

Hal Yang Harus Diperhatikan Seputar Membersihkan Telinga Kucing

telinga kucing ditetesi obat
Image : www.petside.com
  • Sejumlah penyakit serta kondisi dapat membawa wabah ke telinga kucing. Wabah tersebut seperti kutu, infeksi jamur, infeksi bakteri, tungau, benda asing, tumor serta wabah-wabah lain yang tidak bisa kita temukan pada hewan lain.
  • Masalah yang sering terjadi pada bagian telinga kucing adalah otitis externa. Otitis externa adalah infeksi yang terjadi pada kucing di area luar telinga di depan gendang telinga. Jika hal ini anda terlalu khawatir dengan kesehatan telinga kucing tersebut sebaiknya konsultasikan kepada dokter hewan.
  • Membersihkan telinga kucing secara rutin dapat menjaga kesehatan telinga kucing itu sendiri dan juga akan menjaga pendengarannya. Lakukan pembersihan kotoran pada telinga kucing selama 1 kali dalam 2 minggu.
  • Waspadai adanya kutu yang hidup di telinga kucing karena kutu tersebut bisa berkembang dengan cepat. Jika kutu berkembang di telinga kucing, sangat disarankan untuk membawanya kepada dokter hewan.
  • Selain itu, pada saat proses pembersihan telinga kucing tidak seharusnya terjadi pendarahan. Namun, jika anda mendapati kucing mengalami pendarahan pada telinganya sebaiknya bawak segera kucing pada dokter hewan anda.
  • Dan yang terakhir, jika anda ingin membersihkan telinga kucing secara mandiri sebaiknya bersihkan setelah memandikan kucing. (Baca : Cara Memandikan Kucing)Karena setelah dimandikan, kucing akan merasa nyaman serta tenang, tentu ini akan lebih mudah untuk membersihkan kotorannya.

Itulah beberapa penjelasan cara membersihkan telinga kucing yang bisa anda terapkan dirumah. Lakukan dengan benar agar tidak menganggu kesehatan telinga kucing. Demikianlah pembahasan ini silahkan baca juga perawatan lain mengenai kucing dihalaman website ini.  Silahkan share jika artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda.

Bagikan Artikel

Tinggalkan komentar