Cara Memandikan Kucing Bagi yang Baru Pertama Kali Memeliharanya

Cara Memandikan Kucing Tahukah Anda bahwa sebagian besar kucing tidak perlu sering dimandikan? Bagi Anda yang baru pertama memelihara kucing mungkin sedikit tidak percaya namun untuk pecinta kucing pasti tahu bahwa kucing tidak perlu sering dimandikan karena bulunya bisa menjadi ‘mesin’ pembersih alami. Cara memandikan kucing juga ada tekniknya tersendiri.

Mengapa diperlukan tekniknya sendiri? Karena sebenarnya perawatan diri datang secara alami pada kucing, sehingga bulu-bulunya tetap bersih dan tidak bau. Kadang-kadang kucing memang perlu mandi. Jika kucing Anda menjadi sangat kotor atau bau, semakin tua dan sulit merawat dirinya sendiri, maka barulah Anda bisa memandikannya.

Cara Memandikan Kucing Rumah

kucing rumahan mandi
Image : www.thesprucepets.com

Ada banyak jenis kucing yang tersebar dan dipelihara, salah satunya adalah kucing rumah atau domestik. Kucing rumah adalah jenis kucing yang paling umum ditemukan dan dipelihara oleh orang. Lalu bagaimanakah cara untuk memandikan kucing rumah?

1. Sikat Terlebih Dahulu Bulu Kucing

Sebelum Anda memandikan kucing Anda, maka sikatlah bulu kucing terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran. Saat bulunya halus, kucing akan menjilat bulunya agar lebih rapi. Jika Anda masih melihat area yang kotor, gunakan kain yang basah dan beri sabun untuk membersihkannya. Gunakan shampo kucing khusus yang bisa Anda temukan di pet shop atau beli dari dokter hewan

2. Mandikan Kucing di Wastafel atau Ember Besar

Mandikan kucing di wastafel atau baskom atau ember yang dangkal. Jangan sekali-sekali Anda memandikan kucing ke dalam bak mandi dengan ukuran air yang penuh. Kemudian masukkan air hangat ke dalam baskom atau ember.

3. Gunakan Sarung Tangan yang Kedap Air

Saat dimandikan, kucing pasti akan mencoba untuk menggaruk dan mencakar tangan Anda.. Kenakanlah sarung tangan yang kedap air untuk tetap bisa memandikan kucing Anda dan mengantisipasi kemungkinan kucing yang mencakar tangan Anda.

4. Kontrol Aliran Air dan Percikan

Anda dapat menggunakan air di dalam gayun untuk menuangkan air ke punggung dan ekornya tetapi jangan menuangkan air ke kepalanya. Percikan air, terutama di dekat kepala, akan membuat kucing kesal.

Gunakan washlap untuk kepala agar lebih presisi dan mengurangi dorongan dari kucing. Pakailah bola kapas yang dibasahi untuk membersihkan bagian dalam telinga kucing dan area mata juga.

5. Gunakan Shampo yang Dibuat Khusus untuk Kucing

Pastikan Anda menggunakan shampo khusus untuk kucing dan bersihkan perut, cakar, tubuh bagian belakang, dan ekornya kemudian bilas sepenuhnya.

6. Pastikan Ada Handuk Dekat Saat Mandi

Kucing Anda ingin tubuhnya segera kering, jadi segera gosok tubuhnya dengan baik menggunakan handuk kering. Anda perlu mengeringkan bulunya sesegera mungkin karena kucing tidak tahan dengan air.

Cara untuk Memandikan Kucing Anggora

kucing anggora berenang
Image : www.youtube.com/c/cgtn

Kucing Turki Anggora memiliki satu bulu halus panjang dan pasti kucing ini membutuhkan perawatan yang tepat. Kucing ini berbeda dengan kucing domestik karena Anggora suka dibersihkan. Kucing Anggora adalah jenis kucing yang cantik dan ingin mempertahankan kecantikannya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memandikan kucing Anggora Anda.

1. Basahi Tangan Anda dan Periksa Kepala Hingga Ekor Kucing

Basahi tangan Anda dan periksa dengan lembut dari kepala ke ekor untuk menemukan segala jenis ruam, rambut rontok, atau masalah kulit jika ada. Anggora cenderung mudah terkena kutu karena bulunya yang halus. Anda bisa merawatnya dengan sikat setiap hari dan gunakan sisir gigi logam yang dibuat khusus untuk hewan peliharaan.

2. Gunakan Shampo Khusus untuk Memandikan Kucing Anggora Anda

Kucing Anggora Turki aktif dan menyenangkan dan memandikan kucing jenis ini akan sedikit sulit karena bulunya yang panjang. Kucing Anggora mungkin perlu mandi dua kali dalam sebulan. Cobalah menggunakan shampo berkualitas baik dan perawatan khusus harus dilakukan dekat mata, hidung dan telinga karena shampo dapat membahayakannya.

3. Sikat Bulu Lembutnya

Setelah selesai memberikan shampo, maka Anda dapat menyikat kucing dengan menggunakan sikat rambut bergigi lebar dan setelah itu gigi rambut yang sempit. Jangan terburu-buru menggunakan sisir dengan gigi rambut yang sempit karena hal itu dapat menyakiti kucing Anda.

4. Bersihkan Bulu Kucing Segera dan Hindari Matahari Secara Langsung

Jangan biarkan kucing keluar dan terkena paparan sinar matahari langsung setelah mandi.Cobalah untuk membersihkan bulunya dengan handuk atau pengering rambut. Jangan menyikat bulu kucing Anggora lagi jika belum benar-benar kering. Mungkin butuh waktu hampir 20 menit agar bulunya bisa menjadi benar-benar kering.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Baik dan Benar

Cara untuk Memandikan Kucing Persia

kucing persia mandi
Image : catsphd.com

Kucing Persia adalah jenis hewan yang sopan dan biasanya lebih suka tinggal di rumah, bulunya yang panjang dan halus jarang sekali menjadi kotor. Kucing Persia membutuhkan penyikatan dan perawatan setiap hari tetapi hanya perlu dimandikan setiap dua hingga tiga bulan. Berikut adalah cara memandikan kucing Persia :

1. Biasakan Kucing Persia dengan Air Hangat

Baik anak kucing atau kucing Persia yang sudah dewasa, langkah pertama untuk memandikannya adalah dengan membiasakan kucing ini dengan air hangat (37 ° C hingga 38 ° C). Seperti biasa, anak kucing akan terbiasa berenang lebih mudah daripada kucing dewasa.

Membiasakan kucing Persia dengan air hangat sangat penting sebab kucing Persia cenderung membenci air. Masalah utama ketika hendak memandikannya adalah gerakan penolakannya yang sangat hebat sehingga Anda perlu membuat kucing tetap tenang di dalam air tanpa membuatnya lari ketakutan ketika bersentuhan dengan air.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing Dengan Baik

2. Pijat Tubuh Kucing dengan Lembut

Setelah kucing terbiasa dengan air, maka pijatlah dengan lembut dan gunakan sedikit shampo khusus untuk kucing Persia. Pastikan shampo tersebut harus netral agar tidak membahayakan kulit sensitif jenis kucing satu ini.

Kemudian, bilas shampo dengan menuangkan air hangat dan bersih secara perlahan dari kran air ke wajah kucing.

3. Keringkan Tubuh Kucing Secara Menyeluruh

Baik hanya merendam kucing atau mandi, Anda tetap harus mengeringkan tubuh hewan peliharaan imut satu ini secara menyeluruh. Gunakan dua handuk, yang pertama untuk menyerap sebagian besar air yang terkumpul di bulu kucing Persia Anda dan yang kedua untuk menggosok dengan kuat sampai kucing benar-benar kering.

Anda juga bisa mengeringkan kucing Persia dengan pengering rambut atau blower. Apabila Anda memilih untuk mengeringkan kucing dengan pengering rambut, pastikan agar blower tidak terlalu panas dan suara dari blower itu tidak membuat kucing Anda ketakutan. Ada juga pengering rambut khusus hewan peliharaan yang tidak menimbulkan suara bising yang bisa Anda temukan di petshop.

Sebenarnya tidak baik memandikan kucing Persia terlalu sering, tetapi ada beberapa trik untuk membantu membersihkan kucing Anda tanpa memandikannya. Rendam kucing Persia sekali setiap dua atau tiga bulan sudah cukup. Jangan lupa memandikan kucing Persia Anda dengan shampo anti-parasit di musim kemarau.

Baik itu kucing domestik, Anggora atau Persia sangat disarankan untuk membersihkannya dengan sabun daripada memandikannya. Produk tersebut diaplikasikan mirip dengan shampo kucing, tetapi ketika membersihkan dengan sabun seharusnya tidak sampai di wajah kucing atau area kelamin karena itu menyakiti kucing peliharaan Anda.

Bagikan Artikel

Tinggalkan komentar